Apa itu Qipao (Cheongsam)?

posted byindomascot
published date

Qipao, yang dikenal juga cheongsam (旗袍) adalah pakaian adat tradisional Cina yang berasal dari dinasti Manchu pada abad ke-17. Gaya busana qipao berkembang akhir-akhir dekade ini dan masih dipakai dalam kehidupan sehari-sehari saat ini.

Sejarah Cheongsam

Selama pemerintahan dinasti Manchu, kaptain Nurhachi (努爾哈赤) menetapkan peraturan banner, yaitu suatu struktur yang membagi-bagi semua keluarga Manchu ke dalam beberapa divisi administrasi. Pakaian adat trandisional yang dipakai perempuan Manchu menjadi dikenal sebagai qipao (旗袍).

Pada tahun 1920 di Shanghai, cheongsam dimodernisasi dan menjadi populer di antara selebritis dan kalangan atas. Bahkan menjadi pakaian nasional resmi Republik Rakyat Cina pada tahun 1929. Cheongsam meredup kala pemerintahan komunis berkuasa pada tahun 1949 dikarenakan pemerintah komunis mencoba menghapus banyak sekali ide-ide tradisional, termasuk di antaranya fashion, dalam rangka modernisasi.

Rakyat Shanghai kemudian mengambil alih cheongsam untuk dibudidayakan di Hong Kong yang kala itu dikuasai oleh Inggris, dan menjadi populer kembali pada tahun 1950. Pada saat itu, wanita karir lebih sering mengenakan cheongsam yang dipadukan dengan jaket.

BACA JUGA: Portfolio kostum badut maskot cheongsam indomascot

Seperti apa sih Qipao itu? Penasaran deh…

Tampak Depan

Tampak Samping

Tampak Belakang

Qipao yang pertama diciptakan dan dipakai selama dinasti Manchu sangatlah longgar bahkan kedombrongan. Kemudian dirombak menjadi leher yang tinggi dan rok yang ketat. Menutupi semua lekuk tubuh kecuali kepala, tangan dan jari kaki. Terbuat dari bahan utama sutera dan sulaman yang rumit.

Kapan Cheongsam dipakainya?

Pada abad ke-17, perempuan mengenakan qipao hampir setiap hari. Selama tahun 1920 di Shanghai dan 1950 di Hong Kong, qipao juga dipakai dalam acara-acara resmi.

Namun hari ini, perempuan tidak mengenakan qipao tiap hari tapi hanya dipakai pada acara-acara resmi saja seperti pernikahan, pesta, dan kontes kecantikan. Tapi kini qipao juga dipakai sebagai seragam di restoran, hotel dan maskapai di Asia.

Dimana bisa beli Qipao?

Qipao banyak dipajang butik kelas atas dan pribadi. Namun ada juga yang menjualnya di jalanan jadi lebih murah sekitar 1 jutaan.

Sebentar lagi imlek, di mana bisa order kostum badut Qipao atau Cheongsam?

Untuk memesan qipao atau cheogsam seperti yang ada di gambar di atas atau mungkin ada improvisasi sendiri, kami dapat membantunya. Hubungi 0822-2155-6633 atau info@indomascot.com untuk kontak dengan sales kami.

sumber: https://www.thoughtco.com/chinese-dress-qipao-687453