[CLOSED]till April 30, 2024 🙏

Yuk flashback mengenal maskot PON Papua: Kangpho dan Drawa

posted byindomascot
published date

Dua hewan khas Papua Kangpho dan Drawa menjadi maskot PON XX yang dilangsungkan diPapua pada 2020 kemarin. Kangpho sendiri mempunyai kepanjangan dari Kangguru pohon sedangkan Drawa adalah burung Cendrawasih dalam peluncuran maskot PON XX di Jayapura.

Secara biologis, Kangpho mantel emas merupakan satwa kangguru marsupial atau mamalia yang memiliki kantung di perutnya, hewan satu ini memakan buah dan biji-bijian memiliki bagian pipi, leher, dan kaki berwarna kuning keemasan. Itulah mengapa orang menjulukinya sebagai mentel emas. Nama latin dari Kangpho adalah Dendrolagus Pulcherrimus. Sebagai maskot PON XX, Kangpho ini digambarkan berwarna coklat dan dikepalanya ada ikat kuning keemasan yang melambangkan kekayaan tambang di Papua.

Sedangkan Drawa merupakan sebutan lain untuk hewan endemik Papua, hewan ini memiliki nama latin Paradisaea Raggiana, Drawa melambangkan eskotisme dan pesona yang ada di tanah Papua. Drawa ini digambarkan sebagai burung jantan dewasa dengan nuansa warna jingga dan kuning melambangkan semangat, kehangatan, dan kegembiraan. Adapun pada ekor Drawa terdapat dua tali panjang berwarna hitam. Di dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan NKRI. Sama seperti Kangpho, Drawa pun memiliki rumbai dan ikat kepala khas Papua.

Rumbai yang berada pada pinggang Drawa dan Kangpho biasa digunakan oleh perempuan dan laki-laki yang melambangkan sambutan hangat dan penuh keakraban di tanah Papua.

drawa & kangpho
PON XX diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia dengan kuota 6442 atlet.

Adapun lokasi penyelenggara PON XX Papua terbagi menjadi empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Perhelatan olahraga nasional ini akan mempertandingkan 37 cabang dan 56 disiplin olahraga dengan 679 nomor pertandingan. Keberadaan dua maskot ini termasuk penting dalam ajang PON, yaitu menunjukkan sisi lain dari ajang pesta olahraga multi-cabang tingkat nasional tersebut.

Karena kebagusan dan ciri khas yang sangat menggambarkan orang Papua yakni aksesoris yang berada dimaskot keduanya, mereka berdua muncul beberapa hari semenjak acara itu dimulai pada tahun 2020 lalu dan banyak masyarakat Papua bilang bahwa maskot Kangpho dan Drawa masih menjadi maskot favorit sampai sekarang.

Kangpho dan Drawa ikut meramaikan Pekan Olahraga Nasional Papua tahun 2020 kemarin, mereka menjadi penyemangat bagi para atlet yang akan mengikuti acara PON XX Papua.