[CLOSED]till April 30, 2024 šŸ™

3 Tanda Anda Harus Rebranding Maskot

posted byindomascot
published date

Rebranding maskot menjadi sangat penting jika sudah terlihat ada banyak tanda-tandanya. Seiring berjalannya waktu, kadang muncul perubahan-perubahan yang harus diikuti agar brand tetap dapat berjalan. Di titik ini, kadang mengganti maskot lama dan melaunching karakter maskot yang baru bisa jadi langkah yang tepat. Tapi bisa jadi juga, bahwa yang diperlukan hanyalah penyegaran sedikit seperti redesain topeng atau ekspresi wajahnya saja, atau tambahan aksesoris bajunya saja.

Mari kita ingat sejenak peran maskot. Maskot dapat menjadi ikon suatu brand yang sangat membekas di benak masyarakat. Sebagai representasi visual sebuah event, karakter fiksi maupun real, logo, atau brand, sebuah maskot dapat menjadi pengalaman yang sangat membekas di benak audience. Karena jika suatu maskot sudah bersahabat di benak masyarakat luas, jika ada perubahan yang signifikan maka akan membuat masyarakat yang sudah mengenalnya menjadi bertanya-tanya. Bahkan, jika kasusnya adalah maskot olahraga, tidak menutup kemungkinan adanya perdebatan tentang perubahan maskotnya itu di antara fans. Mind blowing bukan!

1. Membuat Karakter Maskot Baru

rebranding maskot mailchimp

Dalam dunia marketing, Jika anda ingin rebranding maskot anda dengan mengganti karakter maskot anda dengan yang baru, anda dapat memulainya dengan ā€˜square oneā€™. Audience seperti apa yang anda targetkan dan jenis karakter seperti apa yang disukai oleh target market seperti itu. Lalu, harus dipikirkan pula gaya & interaksi seperti apa dengan fans. Perlu diperhatikan pula, atribut apa saja yang disukai fans pada maskot yang terdahulu. Sehingga dapat anda gunakan di maskot yang baru. Atau jika memang tidak ada satupun yang dapat dipertahankan di maskot yang baru pun tidak apa-apa. Di banyak kasus, berikanlah beberapa hal ini untuk membantu desainer maskot anda yang baru agar dapat menciptakan ide maskot yang brilian, yaitu: personality traits, types of appearance, dan audience demographics.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Agar Perform Si Pemakai Kostum Maskot Bisa Tahan Lama

2. Mengubah Personality Maskot Anda

rebranding maskot salt

Brand selalu berevolusi seiring berjalannya waktu. Jika perusahaan anda sudah berdiri sejak lama, maskot anda yang sekarang mungkin sudah tidak lagi menggambarkan perusahaan anda saat ini. Coba lihat, perusahaan anda mungkin sudah memperluas target audience-nya, atau adanya perubahan tagline, atau yang lainnya. Jika iya, sudah saatnya anda melakukan rebranding maskot anda sekarang juga.

Sebelum mengubah personality maskot anda, pastikan anda telah memahami personality brand anda. Cari tahu latar belakang sejarah brand anda yang sekiranya akan klop dengan maskot yang baru.

3. Update Tampilan Maskot Anda

rebranding maskot kool-aid

Cara lain untuk mengupdate dan merebranding maskot anda adalah dengan aksesoris, pakaian dan props. Mungkin dengan cara mengubah logo atau warna dominan. Aksesoris pun juga dapat digunakan untuk mengubah personality maskot anda secara signifikan. Aksesoris seperti kacamata dipercaya akan membawa perubahan besar untuk penampilan maskot anda.

BACA JUGA: Studi Kasus: Maskot Lebih ā€œNgefekā€ Daripada Selebriti Sebagai Media Endorser

Jika anda ingin mengganti atau rebranding maskot, hubungi jasa pembuatan kostum badut maskot yang sudah lama bergerak di bidang ini untuk membantu anda mewujudkannya.