Dianggap Nyeleneh, 3 Maskot Olahraga Ini Tuai Kritikan

posted byindomascot
published date

Maskot bisa membantu kesuksesan sebuah acara, karena promosi dan engagement dengan masyarakat selalu tidak pernah luput dari peran maskot. Suatu maskot dikatakan berhasil ketika namanya mudah diingat, bentuknya, dan representatif.

Nah, ternyata ada juga loh maskot olahraga yang tidak memenuhi syarat tadi, sehingga dianggap nyeleneh dan tuai kritikan.

3. Goleo IV dan Pille, Piala Dunia Jerman 2006

Image by Pinterest

Goleo IV dan Pille adalah maskot piala dunia yang diadakan di Jerman pada tahun 2006. Mengambil figur sosok singa dan bola sepak, kedua maskot ini  menuai kritikan karena dianggap kurang merepresentasikan negara penyelenggaranya, yaitu Jerman.

Kalau menurut kamu gimana?

2. Naranjito, Piala Dunia Spanyol 1982

Image by Pinterest

Berbeda dengan Goleo IV dan Pille, Naranjito menuai kritikan bukan karena dinilai kurang merepresentasikan Spanyol. Dilihat dari namanya yang berasal dari kata naranja,yang berarti jeruk, dan bentuknya yang memang sebuah jeruk, yang merupakan buah nasional Spanyol, maskot ini memang tampaknya sangat merepresentasikan Spanyol.

Naranjito menuai kritik karena bentuknya yang sulit dipercaya bahwa maskot ini adalah maskot piala dunia. Apa kamu setuju?

1. Arjuna, Persis Solo

Image by Football Tribe

Tahun lalu, manajemen Persis Solo meluncurkan maskot klub sepak bola ini berupa burung alap-alap kawah.  Maskot itu diberi nama Arjuna, dengan nama panggilan Juna. Nomor punggungnya yang duabelas mencerminkan dukungan dari para suporter yang dianggap sebagai pemain keduabelas.

Sayangnya, maskot ini menuai banyak kritikan karena bentuknya alih-alih mirip burung alap-alap, justru lebih mirip pada burung penguin. Bahkan, ada pula yang menyayangkan pemilihan maskot tersebut tidak melibatkan akademisi dan tidak dilombakan. Hmm… bagaimana menurut kamu?

Itulah tiga maskot olahraga yang dianggap nyeleneh hingga menuai banyak kritikan. Memilih maskot untuk sebuah acara atau organisasi memang harus berhati-hati. Anda ingin berencana membuat boneka maskot atau kostum maskot untuk branding perusahaan atau bisnis kamu? Kami siap membantu mewujudkannya. Hubungi kami via 0822-2155-6633 (WA/SMS/Telp ready).

BACA JUGA: Boneka maskot Asian Games 2018 laku keras