Asik! Ini Dia Dua Maskot Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020

posted byindomascot
published date

Ada kabar bahagia dari Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang akan diselenggarakan tahun 2020 nanti. Ya, hari Minggu, 22 Oktober 2018 lalu komite penyelenggara olimpiade Tokyo mengumumkan dua maskot perhelatan olahraga yang sangat dinanti-nanti itu.

Seperti apa sih maskot yang dimaksud? Yuk kita intip informasi berikut ini.

Miraitowa dan Someity

Image by Japan Times

Ini dia dua maskot Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Miraitowa dan Someity. Keduanya adalah sosok maskot berbentuk futuristik. Miraitowa yang berwarna biru putih ini berasal dari kata mirai yang berarti ‘masa depan’ dan towa yang berarti ‘keabadian’.

Sedangkan Someity yang menjadi Paralimpiade Tokyo ini berasal dari kata someiyoshino, yaitu nama bunga sakura dari jenis yang paling terkenal di Jepang. Selain itu, kata ini juga bisa berarti ‘sangat kuat’. Warnanya yang pink dan putih terlihat serasi dengan maskot Miraitowa, yang menjadi maskot dari Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Didesain oleh sang Pemenang Sayembara

Image by Zimbio

Untuk menetapkan karakter yang akan menjadi maskot Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, penyelenggara mengadakan sayembara yang dimulai pada tahun 2017 hingga 2018 lalu. Terdapat total 2.042 desain yang diterima, hingga kemudian dipilihlah karya milik Taniguchi Ryo, yang terpilih melalui voting dengan total 109.041 suara.

Desain karya Taniguchi ini mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. Maskot ini sempat mendapat kritik karena warna biru dan pink dari dua maskot ini tampak seperti menunjukkan gender prototype melalui warna.

Hmm… kalau menurut kamu gimana? Apakah warna boneka maskot ini mengandung unsur gender prototype?

Nah, itulah dua maskot Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 nanti. Maskot memang unsur yang tidak boleh hilang dari suatu perhelatan olahraga. Tidak hanya dipesta olahraga saja, maskot juga cukup penting perannya dalam mempromosikan brand tertentu.