Bagaimanakah Proses Pembuatan Kostum Badut Maskot (Boneka Maskot Besar) Itu?

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Kostum badut maskot (boneka maskot besar) pada dasarnya adalah sebuah karya seni. Butuh bertahun-tahun untuk dapat memproduksi kostum badut maskot yang mirip dengan desainnya. Dan ini membutuhkan kesabaran extra melalui berulang-ulang trial & error dalam prosesnya. Selain itu, dibutuhkan pula networking supplier yang baik untuk mensupply bahan-bahan yang terbaik untuk menghasilkan kualitas yang terbaik.

Pada dasarnya, Proses pembuatannya dibagi menjadi 3,

  1. Pra Produksi,
  2. Produksi,
  3. Post Produksi.

Pra Produksi

Di tahap ini, kami menganalisa desain yang diberikan oleh customer. Apakah dapat diproduksi atau tidak? Bisa tidaknya diproduksi tergantung beberapa faktor, seperti:

Tidak seperti cat, bahan kain yang tersedia terbatas mengikuti yang tersedia di supplier. Kadang kala, ada customer yang menginginkan warna yang tidak tersedia seperti gradasi dan warna-warna yang kebetulan kosong di supplier kami. Jika ada pun, kami harus request dan request biasanya ada minimal order yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga itu tidak dapat kami wujudkan.

Stok

Ukurannya pun terkadang menjadi permasalahan seperti, ukuran badan yang diminta terlalu besar atau terlalu kecil jika dibandingkan dengan proporsional tubuh manusia. Maka dari itu, pentingnya mengkalkulasi ukuran terutama badan dan kepala berdasarkan proporsional tubuh manusia terlebih dahulu agar desain yang diberikan customer dapat diwujudkan menjadi kostum badut maskot yang dapat dipakai orang dewasa.

Pembuatan Bagian

Terakhir adalah penghitungan & pengukuran bahan yang dibutuhkan. penghitungan bahan-bahan ini mulai dari kain (velboa), spons (busa), spons keras (spons hati), zipper, lem, benang, dll. Semua ini dibutuhkan pengalaman yang tidak sebentar karena kita telah mengalami berkali-kali kesalahan hingga dapat dikategorikan terampil dalam hal ini.

Produksi

Pembentukan Pola Rangka

Pola Rangka Kepala

Dari pola rangka ini dapat terlihat ukuran bahan yang dibutuhkan untuk menutupi pola rangka tersebut. Tentunya dengan menghitung warna bahan apa saja mengikuti desain yang diberikan.

Penjahitan

Obras

Setelah pola rangka terbentuk, maka akan terlihat ukuran & bentuk kain untuk bagian luaran yang kemudian kami jahit sesuai desainnya.

Obras

Obras

Agar benang jahitan awet & tahan lama, kami menggunakan mesin obras untuk melakukannya. Selain itu obras ini ditujukan untuk kerapihan itu sendiri.

Bordir

Bordir

Logo biasanya memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Maka dari itu, pekerjaan logo kami outsorce-kan kepada partner kami yang biasanya memakan waktu 3 hari.

Lem

Obras

Untuk menempelkan bagian-bagian seperti aksesoris kami menggunakan lem tembak & lem kuning.

Kipas

Obras

Pemasangan kipas di dalam kepalanya dimaksudkan untuk membantu lancarnya sirkulasi udaranya. Di sini pula diperhitungkan antar ujung atas kepala harus memiliki jarak yang cukup dengan kipasnya.

Post Produksi

Quality Control

Di tahap ini dilakukan pengecekan dibandingkan dengan desainnya apakah masih ada yang bagian yang kurang. Sisa potongan spons & benang jahitan pun dilakukan pembersihan di sini.

Pengambilan Foto

Pengambilan Foto

Terakhir adalah pengambilan foto progress. Di sini, customer dapat mengajukan revisi. Ketika revisi telah mencapai final maka selanjutnya adalah tahap packing untuk kemudian dijadwalkan pickup kurir untuk dikirimkan kepada customer.

Tentunya artikel ini hanya mengupas gambaran besarnya saja. Masih banyak hal-hal kecil yang mendetail yang terlalu banyak jika dijelaskan juga di sini.