Sura dan Sulu, Maskot Pemilu 2024

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Maskot Pemilu kali ini merupakan buah hasil karya Stephanie, seorang mahasiswi semester tiga di Universitas Pradita Tangerang, Banten. Maskot ini digambarkan sebagai burung jalak bali berwarna abu-abu yang masing-masing dari mereka mempunyai kelamin yang berbeda.

Sura adalah jalak jantan yang mewakili pemilih laki-laki sedangkan Sulu adalah jalak betina yang mewakili pemilih perempuan, keduanya ini akan digambarkan sebagai simbol untuk Pemilu 2024 mendatang. Sementara Sura dan Sulu sendiri telah diperkenalkan pada tanggal 2 Desember 2022 kemarin. Sura dan Sulu terpilih karena desainnya yang ikonik, serta memiliki nilai yang sesuai dengan background Pemilu.

Ada logo KPU yang berada tepat ditengah baju Sura dan Sulu. Ada bendera Indonesia juga di masing-masing pipi mereka serta paku sebagai alat mencoblos yang digenggam kedua burung tersebut sementara di tangan lainnya mereka mengacungkan jari kelingking berwarna ungu tanda mereka sudah memberikan suara.

sura dan sulu

Makna dari dua burung Pemilu 2024 ini adalah masyarakat laki-laki maupun perempuan yang akan ikut serta mencoblos dalam Pemilu 2024 mendatang. Sejak diperkenalkannya Sura dan Sulu ini, banyak dari masyarakat mulai tertarik untuk mencari informasi tentang kedua burung jalak bali ini. Sura merupakan akronim dari Suara Rakyat sementara Sulu merupakan akronim dari Suara Pemilu.

Peluncuran dua burung jalak tersebut ditandai dengan menekan tombol berwarna merah oleh Hasyim dan anggota lain dari KPU. Peluncurannya dilakukan di tengah konsolidasi nasional KPU yang diikuti 6.341 peserta. Sura dan Sulu berperan penting dalam Pemilu 2024 mendatang, karena ciri khas Pemilu 2024 adalah adanya dua burung jalak bali yang sangat menggambarkan Indonesia.

Berbicara tentang maskot, anak-anak kecil yang mendampingi orang tuanya untuk melakukan pemilihan suara akan ikut senang jika dihadirkan Sura dan Sulu ini dalam bentuk badut maskot karena kebanyakan anak kecil menyukai kemeriahan. Yuk, gunakan hak pilih kamu & ikut serta dalam membantu terlaksananya PEMILU 2024 yang langsung, umum, bebas & juga rahasia nanti!