Maskot Android

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Siapa yang tidak kenal BugDroid maskot Android??? Maskot dari sistem operasi yang terpopuler saat ini. Bahkan diprediksikan hingga tahun 2023 mendatang, populasi Android terus meningkat.

perkiraan populasi os smartphone di dunia

Prediksi Populasi OS Smartphone di seluruh dunia.

Memiliki logo yang mudah dikenal oleh masyarakat sangatlah penting untuk suatu perusahaan. Tak perlu tambahan yang diperlukan, masyarakat sudah otomatis langsung tahu. Kadangkala logo yang bagus menjadi luar biasa ampuh untuk mengingatkan sesuatu tentang suatu brand yang ada di baliknya. Contoh, logo Amazon dengan anak panah A to Z nya menggambarkan bahwa Amazon menjual barang apapun.

Sejarah Maskot Android

Sebelum sistem operasi Android itu lahir, Android biasanya hanya diartikan sebagai robot dengan bentuk menyerupai manusia, jadi ini membuat Google yakin bahwa logo Android pasnya adalah robot hijau yang mudah dikenal.

Maskot Android nyatanya tidak pernah diberi nama secara resmi. Hingga pada suatu hari, Andy Rubin tertarik dengan logonya. Kemudian tim Android menamakannya BugDroid. Bahkan setelah itu, ketika Google menyebut kata BugDroid, sudah menjadi rahasia umum bahwa itu merujuk pada maskot Android.

Tapi pada tahu nggak??? Siapa pencipta BugDroid??? Dia adalah anggota marketing communication dari Google sendiri yang bernama Irina Blok.

BugDroid bite Apple wallpaper.

Setelah dirilis secara resmi, BugDroid semakin “merajalela”. Bahkan sempat terkenal wallpaper BugDroid sedang memakan apel yang apelnya menyerupai logo Apple.

BugDroid kemudian cepat menyebar disematkan di berbagai merchandise seperti kaos dan gantungan kunci bahkan merambah ke tas plastik dengan versi yang beragam. Google kemudian meluncurkan Androidify yang memfasilitasi masyarakat untuk membuat sendiri desain maskot Android sesuai seleranya.

badut maskot android

Kostum Maskot BugDroid - Android.

LIHAT JUGA: Maskot Oppo

Perkembangan

Kini, setelah lebih dari 10 tahun lamanya, BugDroid semakin mengakar di hati dan menjadi “wajah” platform Android. Setiap versi Android meluncur, Google selalu meng custom BugDroid untuk diperlihatkan di kampus Mountain View. Dan pernah, Google merayakan dekadenya dengan meluncurkan game browser Android Jetpack yang tantangannya menavigasikan BugDroid di udara untuk mengumpulkan barang-barang bagus dan tentu saja ada rintangan yang harus dihindari.

Wow, semakin menarik saja ya perkembangan maskot Android yang satu ini!