Pipo-kun: Maskot Polisi Tokyo

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Pipo-kun adalah karakter maskot dari kepolisian metro Tokyo. Berdasarkan informasi yang didapat dari Tokyo Times dan website resmi kepolisian Tokyo, Pipo-kun ini dibuat pada tahun 1987 untuk membuat warga Tokyo bersahabat & memiliki tali silaturahmi yang kuat dengan kepolisian. Kata Pipo dibaca “PeePo” yang kepanjangannya adalah “People” dan “POlice”.

Kupingnya besar, yang berfilosofi selalu mendengarkan suara masyarakat. matanya yang besar, yang berfilosofi selalu mengamati setiap sudut masyarakat dan antena untuk mengamati apa yang dlakukan oleh masyarakat.

BACA JUGA: Taman Geologi Itoigawa Memanfaatkan Maskot Dalam Rangka Melawan Corona

Dilansir dari ig @officialpipokun, dapat dilihat di setiap sudut kota, mengartikan dirinya sudah bersahabat baik dengan warga Tokyo.

Peran maskot ini untuk memberi citra polisi yang ramah dan hangat. Bagi warga Jepang, violence sangat dibenci, maka dari itu organisasi seperti polisi perlu untuk mengatasi segala bentuk perbuatan yang mengarah ke violation dengan sangat serius.

Setiap provinsi di Jepang, departemen kepolisian memiliki maskotnya masing-masing dan totalnya ada 27 provinsi termasuk Tokyo. Bentuknya macam-macam seperti burung hantu, kuda, bebek hingga rusa.

Tak kalah dengan kepolisian, tentara nasional Jepang pun memiliki maskotnya sendiri yang dinamakan Prince Pickles yang dirilis pada tahun 2007. Meskipun maskot tentara nasional ini memakai seragam militer namun nuansa maskot ini memberikan kesan yang ramah dan melindungi.

Kamu juga bisa mendengar lagunya lho! Iya, maskot ini punya lagunya sendiri. Bisa cek di sini. Kreatif ya kepolisian sana? Tapi di Indonesia juga punya lho.

BACA JUGA: Maskot Grab Food Yang Lucu-Lucu dan Bikin Gemez!