[TUTUP]sampai 30 April 2024 🙏

Kenapa sih Perlu Ada Maskot di Pentas Olahraga?

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Mulai dari Willie di tahun 1966 hingga Zabivaka di tahun 2018, piala dunia selalui diwarnai dengan kehadiran maskot yang beragam. Begitu juga dengan pentas olahraga yang digelar di Indonesia di tahun ini, yakni Asian Games dan Asian Para Games, yang juga dimeriahkan oleh kehadiran maskotnya Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, serta Momo.

Kira-kira kenapa ya perlu ada maskot di setiap pentas olahraga?

5. Maskot itu menarik

Keberadaan maskot akan menarik audiens yang menjadi target suatu acara. Adanya suatu maskot juga membantu audiens untuk mengenali acara tertentu. Misalnya, dengan melihat Bhin Bhin, masyarakat pasti akan langsung mengasosiasikannya dengan Asian Games.

4. Maskot memeriahkan pentas olahraga

Selain menarik, maskot juga berfungsi untuk memeriahkan pentas olahraga. Dengan adanya maskot penonton jadi lebih bersemangat. Jika penonton bersemangat, pemain punakan ikut bersemangat.

3. Maskot mempromosikan acara

Adanya maskot juga turut membantu mempromosikan acara, karena maskot pasti melambangkan sesuatu yang menjadi ciri khas acara tersebut. Misalnya adalah karakter Striker yang menjadi maskot Piala Dunia USA tahun 1994 silam.

2. Maskot membantu berkomunikasi dengan audiens

Dengan adanya maskot, audiens akan lebih mudah untuk engage dengan suatu perhelatan olahraga. Misalnya dengan membeli barang-barang yang berhubungan dengan maskot tadi, seperti boneka maskot, tas, dan lain-lain.

1. Maskot melambangkan nilai-nilai yang diangkat melalui pentas olahraga

Masih ingat dengan Bhin Bhin yang melambangkan strategi, Atung yang merepresentasikan kecepatan, dan Kaka yang merupakan lambang dari kekuatan? Semua nilai itu direpresentasikan dalam tiga maskot yang unik, sehingga pesan yang ingin disampaikan melalui sebuah pentas olahraga dapat tersampaikan kepada audiens dengan cara yang menarik.

Nah, itulah lima alasan mengapa selalu ada maskot di pentas olahraga. Tidak hanya pentas olahraga saja yang membutuhkan maskot, perusahaan dan bisnis juga memerlukan maskot untuk membangun branding dan menjalin engagement dengan masyarakat loh.

BACA JUGA: Harga pembuatan kostum badut maskot