Peran Maskot Zongchai Dalam Keberhasilan Taiwan Mengendalikan COVID-19

maskot taiwan zongchai

Keberhasilan Taiwan dalam mengendalikan pandemi COVID-19 disebut-sebut karena belajar dari masa lalu ketika wabah SARS merebak 2003 lalu. Sejumlah kebijakan diberlakukan yang, percaya tidak percaya, adalah diciptakannya maskot Zongchai sebagai juru bicara Kemenkes setempat agar dapat diperoleh kesan baik berkomunikasinya dengan warganya.

Kebijakan ini terbukti lebih diterima dengan baik oleh warga setempat dibanding dengan kebijakan yang diterapkan negara tetangganya, China, dengan mengangkat slogan-slogan yang menimbulkan kesan meresahkan. Tentunya, kebijakan terkait maskot ini mendapat perhatian positif dari netizen.

Peran Maskot Zongchai

Menkes Taiwan bersama Maskot Zongchai

Menteri luar negeri setempat juga benar-benar memanfaatkan maskot ini untuk mengumumkan pembatasan masuk ke dalam negerinya dengan cara mengangkat slogan “Virus OUT, Safety IN”. Dan, percaya tidak percaya, langkah ini berhasil karena diterima dengan baik persepsinya oleh masyarakat.

Maskot Zongchai ini banyak membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Seperti fenomena panic buying masyarakat terhadap masker yang kala itu jumlahnya di pasar masih terbilang sedikit karena belum adanya antisipasi pemerintah menaikkan produksi masker.

“Tinggalkan masker untuk orang-orang yang membutuhkannya, sering cuci tangan dengan sabun, kurangi menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan,” demikian isi salah satu pesan, seperti dilaporkan AFP, Senin (17/2/2020). Tagar nama tokoh kartun itu viral dan tulisannya sudah dibagikan ratusan ribu kali.

Peran Maskot Zongchai Dalam Keberhasilan Taiwan Mengendalikan COVID-19 1
meme Wuhan terhadap pandemi COVID-19; Shiba Inu.

Melihat itu, perusahaan Taiwan Rexy International Ltd digandeng oleh Kementerian Kesehatan setempat untuk membuat maskot yang akhirnya dinamakan Shiba Inu.

Maskot yang berupa anjing lucu ini muncul dengan akronim yang sangat-sangat menarik perhatian, yaitu WUHAN. Dan lagi-lagi hal ini diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar alih-alih tenggelam dalam anxiety dari berita-berita media sosial.

BACA JUGA: Lucunya Boneka Maskot Asian Games 2018

One comment on “Peran Maskot Zongchai Dalam Keberhasilan Taiwan Mengendalikan COVID-19

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *