Tips Menjahit Boneka Maskot Rajut Sendiri

ditulis olehindomascot
pada tanggal

Sebelumnya kita telah membicarakan tentang boneka maskot asian games 2018 yang sangat menark. Pada kesempatan kali ini, yuk kita obrolin tentang tips bagaimana membuat boneka maskot rajut sendiri. Tips ini dibagikan oleh seorang perajut boneka maskot yang sudah memulai karirnya sejak 60an.

Jarum Jahit

Jarum penjepit dengan ujung yang besar berguna untuk menyulam jahitan, seperti aksesoris di sekitar wajah dan untuk menjahit item tambahan. Sedangkan jarum bundar (jarum permadani) harus digunakan hanya untuk menjahit jahitan belakang atau jahitan yang banyak jahitannya.

Benang Rajut Sering Kusut

Anda mungkin sudah tahu bahwa benang rajut sering lepas sendiri ketika sedang digunakan menjahit. Tipsnya, jatuhkan jarum sesekali sehingga benang memutar jarum dengan sendirinya.

boneka rajut profesi

Boneka Rajut Profesi.

Kain Tambahan

Tips ini berguna untuk menjahit di bagian yang sangat kecil seperti lengan. Pertama-tama, potong kain secukupnya, kemudian urai ujung yang satu dan tarik salah satu helainya. Pakai sisa helaian untuk menjahit. Tips ini juga dapat digunakan untuk menjahit jahitan yang sangat kecil untuk mengurangi repetisi.

Rapihkan Sulaman

Banyak boneka yang menjadi kurang rapi karena kain sulamannya kelihatan dibalik titik sulamannya. Solusinya, pastikan kain sulamannya selalu tertutup sampai ketika menjahit, jarumnya bertemu di posisi yang benar.

Contoh, setelah menjahit bagian satu mata, sangatlah mudah untuk langsung melanjutkannya ke bagian mata lainnya.

Be Smart!

Katakanlah kamu baru saja selesai menjahit 1 helai rambut untuk boneka kamu dan ingin mempercepatnya. Caranya sederhana, potong sehelai kain dan mengambil risiko penjahitan jahit, masukkan jarum melalui tusukan terakhir dan bawa benang keluar pada posisi yang sama sekali berbeda. Terakhir, tarik benang dengan kencang dan potong dekat ke kepala. Ujung potong akan menghilang kembali ke isian.

Gunakan Cermin

Cermin ini akan langsung memperlihatkan jika ada satu mata lebih tinggi dibanding satunya.

sumber: https://www.jeangreenhowe.com/design6.html