Apa itu Halloween? Bagaimana Sejarahnya?

anak-anak mengenakan kostum hallowen

Sudah pernah mendengar Halloween? Pastinya pernah, ya. Halloween diperingati pada tanggal 31 Oktober. Biasanya mulai dilakukan pada sore hari.

Sejarah singkat Halloween

Awal mula kelahiran Halloween dapat ditelusuri mulai dari festival Samhain, yang berarti akhir musim panas. Festival ini dirayakan untuk menandai akhir dari musim panen dan siap-siap untuk memulai musim bertanam setengah tahun ke depan.

Pada jaman dulu, orang-orang percaya bahwa pemisah antara hidup dan mati berada pada ketebalan yang setipis-tipisnya kala musim Samhain ini. Bagi mereka, ini dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan arwah-arwah yang sudah meninggal. 

permen halloween
Permen halloween

Tahukah anda? Bahwa, di Amerika Serikat, 1/4 produksi permen dihabiskan untuk merayakan Halloween.

Beberapa tahun kemudian, orang-orang menggunakan lobak yang diukir menyerupai wajah setan untuk mengusir arwah jahat.

Awal mula kata Halloween sebenarnya berasal dari kata All Halows’ Eve. Namun, karena seiring berjalannya waktu yang lama, orang-orang lebih suka menyebutnya Halloween.

BACA JUGA: Maskot Asian Games 2018

Kostum Hallowen

Anak-anak membawa lobak halloween dari rumah ke rumah.

Tradisi memakai kostum halloween adalah berdandan jijik, pergi ke rumah-rumah dan meminta makanan. Tiga itu lah yang sangat menjadi ciri khas halloween.

Di sisi lain, ada cerita rakyat yang menceritakan tentang tradisi halloween ini sangat lekat dilakukan oleh kaum yang kurang mampu untuk berjalan dari rumah ke rumah untuk meminta makanan yang kemudian akan ditukar dengan do’a untuk arwah-arwah keluarga rumah tersebut yang sudah meninggal.

referensi: https://www.history.com/topics/halloween/history-of-halloween

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *